Monthly Archives: July 2022

DPP LDII: Idul Adha Bangun Kesalehan Bangsa dan Individu

Jakarta (11/7). Umat Islam di seluruh dunia menyambut antusias Hari Raya Idul Adha 1443. Meskipun dunia dalam kondisi tak menentu akibat perang, yang memicu krisis ekonomi dunia. DPP LDII mengajak umat Islam untuk saling membantu, meringankan beban ekonomi masyarakat di sekitarnya.

“Tahun ini Idul Adha bisa jadi momentum meningkatkan kepedulian sosial, usai pandemi Covid-19, bangsa Indonesia menghadapi resesi akibat melonjaknya harga minyak bumi dan masalah pangan dunia,” ujar Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso.

KH Chriswanto mengatakan inflasi mulai dirasakan masyarakat karena melambungnya harga kebutuhan pokok, umat Islam harus tanggap terhadap masalah sosial tersebut. Menurutnya, permasalahan sosial itu dapat diatasi apabila, bangsa Indonesia memiliki dua tipe sikap luhur, berupa kesalehan individu dan sosial.

Menurutnya, kesalehan dibentuk oleh rasa takwa, “Ketakwaan itu dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dengan tulus ikhlas melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail AS,” ujarnya. Pengorbanan Nabi Ibrahim itu, kemudian diperingati oleh umat Islam dengan menyembelih kurban pada Idul Adha.

KH Chriswanto mengutip hadits dari Imam Bukhari, bahwa kurban merupakan ibadah yang paling disenangi oleh Allah pada 10 Dzulhijah – mengalahkan pahala orang yang berkorban harta, benda, dan nyawa sebagai martir yang sahid di medan perang, “Inilah wujud kesalehan individu yang bisa diwujudkan dalam berkurban,” tuturnya.

Sementara dalam sisi lain, kurban juga membawa berkah dalam kehidupan sosial. Para peternak memanen rezeki dan warga yang kesulitan akibat harga kebutuhan pokok yang melonjak. Ekonomi pun bergerak. Berkah kurban dari sisi individu dan sosial yang luar biasa itu, jangan sampai terhalang oleh wabah virus Penyakit, Mulut, dan Kuku (PMK).

Ia menambahkan, keberkahan kurban tersebut bisa dilaksanakan oleh semua orang. Salah satunya dengan menabung, agar pada Idul Adha tahun depan, keluarga bisa membeli seekor kambing ataupun sapi, “Warga LDII tidak semuanya mampu, mereka bisa berkurban dengan cara menabung yang disetorkan saat pengajian. Saat menjelang Idul Adha tabungan tersebut digunakan untuk membeli hewan kurban,” ujarnya.

Tahun ini, menurut Sekretaris Umum DPP LDII Dody Taufiq Wijaya, warga LDII di seluruh Indonesia berhasil mengumpulkan kurban berjumlah 40.512 ekor. Dengan rincian 22.474 ekor sapi, 30 ekor kerbau, dan 18.008 ekor kambing. Sebelumnya, pada 20 Juli 2021, jumlah kurban yang disembelih warga LDII di seluruh Indonesia mencapai 33.908 ternak yang terdiri dari sapi 20.473 ekor dan kambing 13.435 ekor.

“Kenaikan ini, disebabkan semangat bershodaqoh dan ekonomi mulai berputar meskipun masih ada pandemi Covid-19 dan warga LDII mampu mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan mengikuti anjuran Kementerian Kesehatan, Kementerian Peternakan, dan MUI,” imbuh Dody.

Menurut Dody, DPP LDII telah menginstruksikan warganya untuk berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan memotong hewan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), di daerah-daerah yang rawan wabah PMK. Selain itu, warga LDII juga diminta terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memilih dan membeli hewan kurban. Selain itu pihaknya mendorong warga LDII berkurban ramah lingkungan, “Alhamdulillah daerah-daerah bisa melaksanakan kurban baik dipotong di Rumah Pemotongan Hewan dan lokasi sendiri dengan kordinasi pihak terkait. Selain itu kami juga memanfaatkan besek atau kantong plastik yang bisa diurai alam untuk pembungkus daging, ” ujar Dody.

Dody berharap Idul Adha, menjadi momentum untuk meningkatkan kesalehan individu dan kesalehan sosial. Agar, bangsa Indonesia terus menjadi bangsa dengan kepribadian unggul yang jadi modal sosial dalam membangun peradaban.

“Sangat relevan kondisi krisis sekarang dengan giat qurban yang dilakukan . Sebagai perwujudan dalam kegiatan keseharian tentunya warga LDII sangat paham untuk berkonstribusi dalam masyarakat dan secara individual akan terus melaksanakan prinsip hemat cermat dan bersahaja ( mujhid muzid) sehingga ketahanan dalam segala sisi dimulai dari diri dan keluarga yang pada akhirnya menguatkan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara” menurut Ir. Arif Fadjar selaku Ketua DPD LDII Kabupaten Situbondo(kim/*)

Share Button

LDII SITUBONDO Sembelih 21 Sapi dan 15 Kambing

Situbondo-Mewabahnya Penyakit Mata dan Kuku (PMK) tidak mengurungkan niat dan minat umat islam untuk berkurban. Seperti yang dilakukan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Situbondo, Kemarin (10/7). Penyelembelihan hewan kurban sebanyak 21 ekor sapi dan 15 kambing.

Ketua LDII Kabupaten Situbondo, Ir. Arief Fadjar mengungkapkan, menyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha merupakan suatu ibadah. Kurban juga merupakan wujud ketaqwaan hambanya kepada Allah SWT. “Dengan berkurban, kita memiliki nilai ibadah yang tinggi. Baik bagi individu maupun kemasyarakatan,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Arief itu menambahkan, kurban juga bisa dimaknai sebagai dorongan untuk mewujudkan kepekaan serta kepedulian sesama umat muslim. Sesuai yang diperintahkan Allah dan Rasulnya. Sehingga, diharapkan bisa mengikuti jejaknya yang menjadi tauladan seluruh umat muslim. “Alhamdulillah, melalui kurban ini, kita membudayakan bagi warga LDII selalu bersemangat dalam kehidupan sehari- hari dan meningkatkan rasa sosial kepada sesama,” ujarnya.

Disebutkan, penyembelihan hewan kurban kali ini tidak hanya dipusatkan di satu tempat. Melainkan disebar di beberapa tempat. Di antaranya, di PC LDII Besuki, Mangaran, Kapongan dan Asembagus. Sehingga, pembagian daging kurban kepada masyarakat bisa merata. Harapannya dapat memberikan hal-hal positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga, pihak-pihak yang telah turut berpartisipasi, membantu dan berperan aktif dalam program penyembelihan hewan qurban tahun ini. “Agar mencerminkan sebagai warga negara yang baik. Kita terus berupaya bagaiman menyebarkan kebaikan. Baik untuk warga LDII sendiri, juga masyarakat sekitar. Semoga menjadi amal ibadah yang berbalaskan barokah dari Allah,” ucapnya

Arief mengaku, meski saat ini sedang merebak wabah PMK, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, penyakit tersebut tidak berbahaya bagi manusia. Namun, dia menyarankan, agar tetap berhati-hati, karena manusia bisa membawa virus tersebut ke hewan lainnya. “Untuk itu, perlu kewaspadaan, baik peternak maupun warga yang sedang melakukan penyembelihan hewan kurban,” pungkasnya. (jon/adv).

Share Button

LDII Situbondo Terima Hewan Qurban dari Anggota DPR-RI

Situbondo |  Jumat, 8 Juli 2022 menjelang menjelang hari raya Idul Adha 2022 / 1443 H,LDII Kabupaten Situbondo menerima  bantuan  sapi untuk kurban Idul Adha yang diserahkan oleh Zulfikar Arse, S.IP., M.Si sebagai Anggota DPR-RI

Hewan kurban tersebut lang diterima oleh Ir. Arief Fadjar selaku Ketua DPD LDII Kabupaten Situbondo

” Bantuan sapi untuk Idul Adha itu sebagai wujud kepedulian dan Ibadah”ujar Bung Zul ,panggilan akrab Zulfikar Arse, S.IP., M.Si

Bung Zul memastikan sapi yang diberikan tersebut sehat atau bebas penyakit mulut dan kaki (PMK) yang melanda secara nasional. “Selain memberikan bantuan hewan kurban, kedatangan saya untuk bersilaturahim dengan Ir. Arif Fadjar  selaku ketua DPD LDII Kabupaten Situbondo,” katanya.

“Terima kasih Bung Zul sebagai Anggota DPR-Ri yang telah menyerahkan hewan kurban untuk disembelih dan disalurkan oleh LDII Kabupaten Situbondo. Insya Allah kami akan menyalurkan dengan sebaik-baiknya kepada yang berhak menerima. Panitia sudah dibentuk, persiapan penyembelihan sudah ada.” Ujar Arif Fadja saat menerima hewan kurban.

Selain 1 ekor sapi yang diserahkan oleh Zulfikar Arse, S.IP., M.Si

LDII KAbupaten Situbondo  juga akan menyembelih 21 ekor sapi yang dikumpulkan oleh Pengurus DPD LDII KAbupaten Situbondo. Hal tersebut merupakan rutinitas setiap tahun warga LDII,. Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban LDII Situbondo, Ir. Arif Fadjar menyampaikan harapannya kepada seluruh panitia untuk bekerja sama saat penyembelihan hewan kurban nanti yang direncanakan pada hari Minggu (09/07/2022)

Share Button